Install ubuntu 8.04 Muslim Edition

Beberapa hari ini aku cukup disibukkan dengan instalasi OS di beberapa unit komputer baru yang memiliki spesifikasi yang cukup hebat, CPU E4660 Intel Pentium Coe 2 Duo, RAM 1 GB, HDD 160 GB SATA, DVD Super Multi, VGA nVidia GeForce 7050.

Kenapa harus diinstall OS baru karena memang dari sononya hanya disertai OS Linux ubuntu yang belum ada mode grafiknya.

Fenomena dominasi OS wind*** di kalangan pengguna awam memang cukup susah untuk digeser. Komputer-komputer tadi semuanya diminta untuk diinstall OS wind*** tadi. Saya berusaha untuk menyakinkan kalau OS yang ada sudah sangat hebat, tinggal menambah mode grafisnya saja biar mirip dengan wind***, namuan ternyata mereka yg nantinya mau menggunakan komputer2 tersebut sangat khawatir kalau tidak bisa menggunakan, susah , tidak ngerti dsb dsb ….

Akhirnya penulis coba untuk install Wind*** Vis**, dan kelarlah semua. Namun selang 1 bulan kemudian … si OS produk Mikocok ini mandek alias berhenti karena memang b4j4g4n dan minta untuk aktivasi, wueek … kelupaan ngga dikasih makan kue cracker. Karena terlanjur mogok, install ulang pun dilakukan, satu komputer kembali diinstall ulang, plus kue cracker aktivasi …. wueeek … ternyata beberapa fiturnya macet … ngga bisa ngeliat control panel, ngga bisa atur display. Sampai di sini ok lah ngga papa. Komputer aku matikan, kemudian restart lagi … wueek … langsung blue screen nya nongol …. alias macet total tal tal tal.

Ya sudah … pikirku mungkin kue cracker kurang enak kali … Ada ide utk instal Win XP saja. Dikarenakan kompi ini pake hardisk SATA yang blom ada drivernya di instaler Win XP, akhirnya kujalankan program nLite untuk memasukkan driver SATA ke instaler win xp. Namun ternyata ….. baru mulai booting dari CDROM sudah blue screen. Pikirku mungkin installer bikinanku yang kurang bener, aku coba pake instaler yang belum aku tambahkan driver SATA …. ech jas bukak iket blangkon … alis sama juga sami mawon.

Ya udah dech … karena emang baru agak males berpusing-pusing, kebetulan aku ada instaler ubuntu 8.04 hardy heron Muslim Edition dari majalah Info Linux, akhirnya sejumlah kompi tadi aku install dengan OS ini.

Selama ini aku memang sering install linux, dan seringnya aku install mandriva ato fedora. Mandriva sudah cukup lama nongkrong di laptopku, dan si fedora menjejali server-server yang aku kelola. Melihat ubuntu ME, subhanalloh … bagus banget, apalgi nih sekarang baru bulan puasa, nuasanya religi banget. Instalasi berjalan dengan sangat mudah, dan sangat cepat ngga nyampe 30 menit, karena memang yang aku install versi desktop-nya.

Di ubuntu 8.04 ME sudah dibundel berbagai aplikasi islami, seperti kalender hijriah, doa-doa, Al Quran, Azan, ensiklopedi islam, dan lain-lain.

Dan juga disertai pengaman untuk penggunaan internet, yaitu Dans Guadian yang memfilter situs-situs yang tidak senonoh gitu … agar tidak langsung nyelonong ke kompi kita. Sangat cocok untuk digunakan dilingkungan keluarga, sekolah dan tentunya bagi mereka yang kurang setuju dengan kehadiran situs-situs tidak senonoh … ;-D

Yach begitulah sedikit cerita install Ubuntu 8.04 ME, dan waktu aku posting tulisan ini aku juga menggunakan OS ini.

Berikut beberapa screen shot Ubuntu ME 8.04

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: